Contoh Proposal Ujikom Multimedia - Iklan Layanan Masyarakat
PROPOSAL
PROJECT WORK/TUGAS AKHIR
CARA PEMBUATAN “IKLAN LAYANAN MASYARAKAT”
DISUSUN OLEH :
RENDRA LAKSAMANA DIPUTRA
NIS : 6213
PROGAM KEJURUAN MULTIMEDIA
SMK ANTARTIKA 2 SIDOARJO
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
PROPOSAL
PROYEK TUGAS AKHIR
NAMA
SEKOLAH : SMK ANTARTIKA 2 SIDOARJO
Program
Keahlian : MULTIMEDIA
Alokasi
Waktu
:
Nama Peserta :
RENDRA LAKSAMANA DIPUTRA
Kelas :
XII MM 3
Judul
Proyek :
PEMBUATAN “IKLAN LAYANAN MASYARAKAT”
PRODUK
PEMBUATAN “IKLAN LAYANAN MASYARAKAT”
Sidoarjo, Januari 2013
Menyetujui, Peserta
Ujian
DU/DI/Pemberi Order
................................... RENDRA
LAKSAMANA DIPUTRA
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK ANTARTIKA 2
SIDOARJO Guru
Pembimbing
H. IMAM JAWAHIR. S.Pd.
MM GUNAWAN
ARI BOWO.S.ST
NIP. 19690510 200501
1015 NIP. 1202008
KATA PENGANTAR
Segala puji dan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah
melimpahkan segala rohmat, taufiq serta hidayah-NYA sehingga kami dapat
menyelesaikan proposal tugas akhir SMK Antartika 2 Sidoarjo tahun ajaran
2012/2013 tanpa ada aral suatu apapun. Laporan ini dapat disusun sebagai salah
satu persyaratan untuk mengikuti Ujian Kompetensi pada Jurusan MULTIMEDIA SMK
Antartika 2 Sidoarjo
Laporan ini disusun sesuai dengan teori dan praktek yang penulis
ketahui, dimana penulis menyusun laporan tentang “MEMBUAT IKLAN LAYANAN
MASYARAKAT”. Dengan adanya proposal ini bisa memberikan alternatif cara belajar
baru, kebutuhan akan belajar akan meningkat pula.
Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada segenap
Pembimbing yang telah bersedia memberikan arahan, bimbingan dan saran kepada
penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan proyek proposal ini. Semoga semua
amal baik yang telah diberikan kapada kami mandapatkan imbalan yang setimpal
dari Allah SWT. Akhir kata, kami berharap proposal tugas akhir ini bermanfaat
bagi kita semua.
DAFTAR ISI
JUDUL……………………………………………………………………………… i
PENGESAHAN……………………………………………………………………. ii
KATA PENGANTAR………………………………….…………………………... iii
DAFTAR ISI………………………………………………………………..... ……
iii
BAB 1 PENDAHULUAN.......................................................................................... 1
A. Latar
Belakang….……….……..…………………….…........................................ 1
B.
Tujuan…………….……………...…………………….......................................... 1
BAB II KEUNGGULAN
PRODUK/JASA..……...….……………........................ 2
A. Keunggulan
Produk/Jasa.......................................................................................... 2
B. Jadwal Waktu
Pelaksanaan....................................................................................... 2
BAB III ALAT DAN
BAHAN...………….………………...…................................ 3
A.
Alat………….……………………………............................................................. 3
B. Bahan………………………………………………............................................... 3
BAB IV DEFINISI
IKLAN LAYANAN MASYARAKAT…………….………...... 4
A. Definisi Safety
Riding................................................................................................. 4
B. Kriteria Iklan
Layanan
Masyarakat............................................................................ 4
C. Kesimpulan..……....……………………………..................................................... 4
BABV...........................................................................................................................5PENUTUP.....................................................................................................................5
BIODATA PENULIS.....................................................................................................5
BIODATA PENULIS.....................................................................................................5
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pesatnya perkembangan teknologi saat ini, membuat semakin
majunya perkembangan ekonomi. Dan salah satu produk multimedia yang sangat
penting dalam perkembangan ekonomi adalah iklan. Dengan semakin banyaknya
berbagai jenis iklan membuat kita sebagai seorang siswa jurusan multimedia
harus mengetahui alur pembuatan sebuah iklan dari yang hanya sebuah storyboard
hingga siap untuk dipublikasikan dalam berbagai media.
Maka dari itu saya membuat proposal yang berisi alur pembuatan
sebuah iklan sederhana. Untuk membuat para siswa lebih kreatif untuk berkarya
khususnya dalam bidang multimedia.
B. Tujuan
1. Agar
siswa memahami alur pembuatan sebuah produk multimedia seperti iklan
2.
Mempermudah siswa untuk membuat sebuah produk multimedia
3.
Laporan ini saya buat untuk memenuhi tugas akhir sebagai syarat kelulusan
4.
Menyalurkan kekreativitasan siswa ke dalam media elektronik
5. Agar
siswa siap terjun kedalam dunia kerja
BAB 2
KEUNGGULAN PRODUK/JASA
A. Keunggulan Produk atau Jasa
Ø Iklan ini dikemas secara menarik , dan mudah di pahami oleh
para konsumen/masyarakat
Ø Penggunaan animasi pada iklan ini membuatnya terlihat lebih unik
daripada iklan yang lain
Ø Iklan ini di tujukan agar masyarakat Indonesia lebih memahami
peraturan lalu lintas
Ø Penggunaan software Adobe After Effect CS3dan Adobe Premiere CS3 membuat
animasi terlihat lebih nyata
B.
Jadwal Waktu Pelaksanaan
No
|
Kegiatan
|
OKTOBER
|
Tempat
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
|||
1
|
Perancangan
Storyboard
|
Sekolah
|
|||||||||||||||
2
|
Mengumpulkan
bahanpembuatan produk
|
Rumah
|
|||||||||||||||
3
|
Memulai proses
pengambilan gambar
|
Sekolah
|
|||||||||||||||
4
|
Mengelola hasil
pengambilan gambar
a. Editing
b. Animasi
c. Pemberian sound effect
d. Rendering
|
|
Rumah
|
BAB 3
ALAT DAN BAHAN
A. Alat
No
|
Nama Alat
|
Jumlah
|
|
1
|
Kamera
|
Panasonic MD10000
15000 optical zoom
|
1
|
2
|
Laptop
|
· Intel Core I7
· RAM 4 GB
· VGA 1GB
· DVD-RW
· Hard Disk 500 GB
· LCD Monitor
· Keyboard
· Mouse
|
1
|
3
|
Tripod
|
1
|
B. B.Bahan
No
|
Nama Bahan
|
Spesifikasi
|
Satuan
|
1
|
SW Digital Video
|
Adobe After Effect CS3
|
1 Buah
|
2
|
Adobe Premiere CS3
|
1 Buah
|
BAB 4
DEFINISI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT
“SAFETY RIDING”
A. Definisi
Safety Riding
Safety Riding ialah cara berkendara yang aman dan nyaman baik
bagi pengendara itu sendiri maupun pengendara lain.
B. Kriteria Iklan Layanan Masyarakat
Kriteria yang digunakan untuk
menentukan sebuah iklan tertentu, apakah
iklan tersebut merupakan iklan layanan masyarakat atau bukan :
1. Tidak
komersil.
2. Tidak
bersifat keagamaan.
3. Tidak
bersifat politis.
C. Kesimpulan
Kesimpulan dari
beberapa cara di atas kita bisa mengambil manfaat, diantaranya :
1. Kemudahan
dalam membuat konsep sebuah iklan
2. Mengenal
lebih dalam alur pembuatan sebuah iklan Komersil maupun ILM
3. Dengan
menggunakan teknik animasi kita dapat mewujudkan imajinasi kita
4. Tujuan iklan layanan masyarakat ini untuk
memberikan informasi kepada masyarakat akan pentingnya safety
riding. Iklan layanan masyarakat ini dapat menjadikan
masyarakat mengerti dan tahu betapa pentingnya safety riding dalam berkendara
sepeda motor
BAB 5
PENUTUP
Dengan mengucapkan rasa puji syukur Alhamdulillah
kehadirat Allah SWT atas berkah-NYA yamg melimpah.sehingga kami dapat
menyelasaikan proposal tugas akhir ini dengan penuh tanggung jawab,walaupun
masih banyak kekurangan dan masih jauh dari tujuan yang diharapkan.
Harapan kami semoga laporan ini dapat diterima untuk
memenuhi persyaratan mengikuti ujian kompetensi.Melelui laporan ini kami mengucapkan terima kasih kepada
bapak pembimbing dan mohon maaf atas segala kekurangan yang dapat dalam
penyusunan laporan ini.
Dengan ini kami
mengharapkan saran beserta kritik yang bersifat membangun untuk meningkatkan
kesempurnaanya proposal ini dan demi menambah pengetahuan kami.
Akhirnya kami
mengucapkan terimakasih kepada pembimbing dan teman-teman yang telah ikut serta membantu
dalam menyusun laporan ini,sehingga proposal ini dapat terselasaikan dengan
tepat pada waktunya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar